UNIT KARYA

Seperti yang kami sampaikan pada hamalam selamat datang, bahwa FC sebisa mungkin terbuka akan kebutuhan zaman. Menanggapi undangan Mgr. B. Visser, MSC, FC hadir untuk membantu pelayanan Pendidikan, karena pada saat itu pendidikan dirasa menjadi kebutuhan penting dan utama.

Seiring waktu memberikan pelayanan pendidikan regular di Purworejo & Purwokerto, FC “merapat” dengan karya pelayanan yang memang salah satu yang difokuskan oleh Pendiri – Pendidikan Luar Biasa (PLB). Tawaran kasih dari Suster PMY untuk bekerjasama pada Lembaga Pendidikan Anak Tunarungu (LPATR) di Wonosobo ditanggapi dengan sangat antusias. Kendala perang dan persiapan lainnya sempat menundah proses memulai pelayanan tersebut; namun akhirnya memulai di Wonosobo tahun 1950an. FC juga sempat berkarya di Tegal & Grogol – Jakarta, sayang karya di dua tempat tersebut tidak dapat dilanjutkan. FC juga memberikan karya pendidikan regular di Nandan – Jogjakarta.

Pada tahun 1980an, FC kembali mendapat kesempatan memulai pelayanan PLB nya melalui Lembaga Pendidikan Anak Tuna Grahita (LPATG) atau yang lebih umum disebut SLB-C, yang sekarang bertempat di Borowetan. Meskinpun pada dasarnya sesuai rujukan murni PLB dengan Ketegori Internasionalnya, SLB-C seyogianya mendidik anak dengan IQ dibawah 70 dan hambatan belajar umum lainnya, namun karena situasi pendidikan pada umumnya di Indonesia dan sarana yang terbatas, LPATG Karya Bakti Borowetan akhirnya memberanikan diri menerima anak kelompok C murni dengan kombinasi Tunarungu, C murni kombinasi Down syndrome, atau C murni kombinasi Autis.

Pada tahun 2005 adalah momen penting dalam sejarah pelayanan FC di Indonesia. Menanggapi seruan kembali ke Spiritual awal, yang juga berimplikasi pada pelayanan karya, maka FC memberanikan diri membuka Panti Rehabilitas Gangguan Jiwa “SAHABAT KITA” di Purworejo. Karya pelayanan untuk saudara-i kita peyandang gangguan kejiwaan merupakan karya awal FC di tempat kelahirannya di Belgia lebih dari 200 tahun yang lalu. Pada tahun 2005 FC Indonesia juga membuka Panti Rehabilitasi Narkoba “KUNCI” di Nandan – Jogjakarta.

Pada tahun 2010, FC Indonesia mengirim dua brudernya ke Ruteng – Flores untuk mempersiapkan karya pelayanan Rehabilitasi Gangguan Jiwa. Semoga Tuhan menyertai persiapan karya baru ini.

Secara lebih detail, jenis-jenis pelayanan dan lokasinya dapat dilihat pada Unit Karya per Wilayah.