Sekelompok orang muda dari beberapa negara di Asia memberanikan diri untuk melanjutkan masa pendidikan untuk menjadi Bruder Karitas. Setelah menjalani masa Aspiran lebih kurang satu tahun dan Postulan tahun pertama di negara ..." />

BERITA

Oblasi Bruder Karitas Asia 2012

05 Mei 2012 - Berita FC Asia

Sekelompok orang muda dari beberapa negara di Asia memberanikan diri untuk melanjutkan masa pendidikan untuk menjadi Bruder Karitas. Setelah menjalani masa Aspiran lebih kurang satu tahun dan Postulan tahun pertama di negara masing-masing, mereka melanjutkan masa pendidikan Postulan tahun kedua di Philipina. Setelah beberapa saat di Philipina baru-baru ini mereka merayakan Oblasi (proses seorang calon memasuki masa Novisiat dan diperbolehkan memakasi jubah). Perayaan Oblasi dihadiri langsung oleh Pimpinan Umum Bruder Karitas, Bro. Rene Stockman, F.C. Regio Indonesia mempunyai dua Frater yang memasuki masa Novisiat Tahun Pertama ini.

Sekarang mereka telah memasuki Rumah Formasio Novisiat Tahun Pertama di Philipina, yang dalam kesehariannya didampingi oleh para Formator, yang salah satunya berasal dari Indonesia, yaitu Bro. Damianus Wakiman, F.C. Masa Novisiat Tahun Pertama ini disebut Masa Canonical. Setelah satu tahun masa Canonical, mereka akan praktek hidup bersama dan pengenalan karya lagi selama setengah tahun di negara masing-masing selama setengah tahun. Kemudiaan mereka akan melanjutkan Pendidikan Novisiat Tahun Kedua mereka di Rumah Formasio Sri Lanka. Setelah itulah mereka akan mengucapkan Profesi Pertama (lebih kurang 5 tahun setelah menjalani masa pendidikan calon mulai dari masa Aspiran sampai Novisiat Tahun Kedua). Setelah Profesi Pertama ini mereka tidak akan dipanggil lagi sebagai Frater, tetapi secara formal disebut Bruder.

Setelah Profesi Pertama ini kemungkinan mereka ada yang langsung full-time berkarya, ada juga yang diminta untuk berkarya di unit kerja dan juga studi, dan ada juga yang diminta untuk full-time bekerja disalah salah satu unit karya Bruder Karitas. Masa setelah Profesi Pertama sampai Pengucapan Kaul Kekal (Janji Kaul Seumur Hidup) para Bruder Muda ini disebut Berkaul Sementara. Berkaul Sementara paling cepat 6 tahun, barulah diperbolehkan untuk mengucapkan Kaul Kekal.

Selamat kepada para Frater yang memasuki Novisiat Tahun Pertama! (MT)


ALBUM OBLASI PROVINSI ASIA 2012

(#920 views)

  Kirim ke Teman   Cetak halaman ini   Posting komentar  Share on Facebook

Berita Terkait

Komentar Untuk Berita Ini (0)