FORMASIO

HI ORANG MUDA, TERTARIK JADI BRUDER KARITAS? CLICK ME

Terbuka kesempatan bagi para pemuda beriman Katolik untuk bergabung bersama kami menjadi biarawan dalam Tarekat Bruder Karitas untuk mengabdikan diri kepada Tuhan dengan ikut aktif berkarya dalam perjuangan kerasulan Pendidikan Difabel (Tunarungu & Tuna Grahita), Pendidikan Umum, Pelayanan Psikiatri, Pelayanan Rehabilitasi Narkoba. Intisari dari pelayanan ini adalah memuliakan Tuhan dalam hidup doa dan kerja dalam pelbagai fungsih sebagai guru, pengasuh asrama, tenaga ahli, pekerja sosial, pastoral, dll.


Syarat-Syarat Menjadi Bruder Karitas:

  • Laki-laki
  • Menyerahkan surat baptis dan sudah menerima Sakramen Krisma.
  • Riwayat hidup.
  • Menyerahkan fotocopy KTP yang masih berlaku
  • Menyerahkan surat rekomendasi dari Pastor Paroki.
  • Menyerahkan fotocopy ijazah terakhir (SMU/SMK atau Perguruan Tinggi segala bidang ilmu).
  • Menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter.
  • Menyerahkan surat persetujuan orang tua.
  • Menyerahkan fotocopy Akte Kelahiran.
  • Menyerahkan pasfoto ukuran 4X6 cm satu lembar.

 

FORMASIO BRUDER KARITAS

Kongregasi Bruder Karitas sebagai sebuah Kongregasi aktif mempersiapkan anggota-anggotanya untuk siap sedia diutus untuk menjalankan tugas kerasulan dimana diperlukan. Tahap-tahap formasio/pembinaan untuk menjadi Bruder Karitas dimulai sejak peminat mulai berkeinginan untuk mengenal lebih jauh apa dan siapa Bruder Karitas itu.

Pemuda yang berniat untuk bergabung dengan Bruder Karitas menjalin kontak awal dan mengirimkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Tim formasio akan mempelajari dokumen-dokumen tersebut dengan tetap menjalin kontak dengan calon. Bila dimungkinkan, calon diharapkan untuk terus berkonsultasi dengan Pastor Paroki atau Pastor Pembimbing. Baik juga bila mempunyai kesempatan mengikuti retret panggilan yang diselenggarakan di wilayah calon. Pada saat yang ditentukan, tim formasio akan menghubungi calon dan memberitahukan waktu kapan masa pembinaan akan dimulai.

Masa pembinaan Bruder Karitas dimulai pada masa Aspiran, dimana dalam tradisi Kongregasi, Aspiran diminta untuk tinggal bersama-sama dalam salah satu komunitas Bruder Karitas. Tujuan dari masa ini adalah untuk mengenalkan pada calon kehidupan membiara dalam Kongregasi Bruder Karitas. Calon diajak untuk ikut hidup bersama berdinamika bersama dengan para Bruder. Calon belum mendapat tugas khusus dan belum terlibat jauh dalam karya-karya Kongregasi. Jangka waktu tahap ini relatif, tergantung dari kesiapan calon untuk menempuh tahap berikutnya.

Tahap berikutnya adalah masa Postulan, dimana seorang Postulan mulai mendapat pembinaan tentang Kongregasi Bruder Karitas. Dalam tahap ini diharapkan seorang Postulan menjadi seorang yang berpribadi dewasa baik secara individu maupun sebagai seorang Kristiani. Tradisi Bruder Karitas Indonesia adalah menyertakan para Postulan dalam program Kubina (Kursus Bina Awal) bersama dengan Postulan dari Kongregasi lain. Jangka waktu untuk masa ini adalah 2 tahun, dimana 1.5 tahun dijalani di Komunitas Postulat - saat ini di Nandan, Yogyakarta - dan 6 bulan berikutnya dijalani di Philipina sebagai persiapan untuk memasuki tahap berikutnya.

Tahap selanjutnya adalah Novisiat. Untuk tahun Kanonik Pertama, Kongregasi Bruder Karitas memberikan pembinaan para Novis dari berbagai negara (khususnya Asia) di Novisiat International Asia di Philipina. Untuk tahun Kedua, Enam Bulan Pertama para Novis menjalankan Masa Praktek di Negara masing-masing. Untuk Enam Bulan Kedua, para Novis dari berbagai negara kembali bersama di Novisiat International Asia di Sri Lanka.

Setelah menjalani Novisiat selama 2 tahun, bila dinyatakan diterima, para Novis mengikrarkan profesi atau kaul sementara untuk 1 tahun. Pada saat itu mereka sudah disebut sebagai Bruder muda atau Yunior. Tahun berikutnya membaharui kaul untuk 2 tahun, dan pada tahun ke-3 membaharui untuk 3 tahun. Setelah 6 tahun sejak kaul yang pertama, seorang Bruder mengikrarkan Profesi Kekal (atau yang biasa disebut Kaul Kekal), pada saat itu seorang Bruder secara definitif menjadi anggota Kongregasi Bruder Karitas. Durasi jenjang pengikraran kaul sementara tidak lah selalu sama; dimana dapat disesuaikan atas pertimbangan dari Bruder itu sendiri dan pertimbangan dari Kongregasi. Setelah mengucapkan Profesi kekal, seorang Bruder disebut dengan Medior, dan saat usia mencapai 50thn disebut sebagai Senior.

Selama menjadi Bruder, baik sebagai Yunior, Medior, ataupun Senior tetap selalu ada pembinaan yang disebut On Going Formation.


Kontak Kami Melalui:

Regionalat Bruder Karitas
Jl. K.H. Wahid Hasyim 4
Purworejo - Kedu 54111
Jawa Tengah - Indonesia
T: 0275-321205
F: 0275-322634
E: regindofc@yahoo.co.id

Atau Via Koordinator Umum Formasio FC Indonesia:

Br. Patricius Chandra Pancawala Kurniawan, F.C.
BRUDERAN KARITAS
Nandan RT 02/38 No. 4
Sariharjo, Ngaglik, Sleman
Yogyakarta 55581
T: 0274-624978
M: 081229837507
E: fcindo.formation@gmail.com